Minum Kopi Ditemani Oleh oleh Khas Pekanbaru


Kuliner khas merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan saat berkunjung ke tempat tertentu termasuk tempat wisata. Provinsi Riau dengan ibukotanya Pekanbaru merupakan salah satu tempat yang dapat dijadikan destinasi wisata bagi Anda yang ingin merasakan suasana yang berbeda. Pekanbaru yang dikenal sebagai salah satu sentra ekonomi terbesar di Sumatera dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi menawarkan banyak hal yang khas, termasuk makanan atau kuliner-kuliner khas. Pekanbaru yang dikenal dengan keripik nanasnya ini masih memiliki beragam kuliner serta oleh oleh khas Pekanbaru. Salah satunya adalah bolu kemojo.

Bolu Kemojo

Bolu kemojo atau bolu kojo merupakan salah satu jajanan yang berasal dari tanah Melayu. Bolu yang namanya berasal dari kata kamboja atau bunga kamboja ini memiliki bentuk yang menyerupai bunga. Selain dapat dijumpai di Pekanbaru, bolu kemojo juga dapat ditemui di Jambi, Bengkulu dan Palembang karena makanan ringan yang satu ini tak pernah absen saat ada perayaan adat. Bolu yang dimasak dengan cara dikukus ini sering dibuat saat akan ada upacara atau pesta adat. Bolu kemojo memiliki tekstur yang padat, cenderung seperti kue basah tidak seperti kue bolu dan cake yang teksturnya lebih lembut. Oleh oleh khas Pekanbaru yang rasanya manis ini sangat cocok untuk dijadikan teman minum kopi atau sebagai camilan untuk menemani aktivitas di rumah. Kue yang satu ini rasanya manis dengan sedikit rasa serta aroma telur saat disantap. Bolu kemojo yang berwarna hijau mendapatkan warnanya dari campuran air daun pandan dan daun suji sehingga dapat dipastikan bahwa makanan yang satu ini tidak menggunakan bahan pengawet dalam pembuatannya.

Baca juga : Dodol Unik Oleh Oleh Khas Pekanbaru

Bolu kemojo dapat diperoleh dan dibawa sebagai buah tangan atau oleh oleh khas Pekanbaru saat berkunjung ke Pekanbaru Riau. Untuk mendapatkan sensasi berwisata yang lebih menyenangkan, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti Daihatsu. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa untuk mengunjungi tempat wisata serta berbagai tempat menarik di Pekanbaru.

Comments